Kamis, 13 November 2014

Perbedaan Kelas Layanan di Dalam Pesawat

Pada umumnya ada dua perbedaan mendasar dalam kelas layanan pesawat, yakni kelas bisnis dan kelas ekonomi. Kelas bisnis (business class) berada di 4 baris depan yang disekat oleh korden dan di belakangnya adalah kelas ekonomi.. Setiap kelas tersebut tentu saja mempunyai aturan sendiri-sendiri tetapi aturan ini jarang sekali disampaikan oleh pihak maskapai kepada para penumpangnya.

Sebelum berangkat dengan pesawat ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh setiap calon penumpang, antara lain: kelas layanan, jenis tarif, dan berat bagasi.
·         Kode kelas layanan akan menentukan perbedaan kabin dan layanan di pesawat yaitu F untuk kelas satu/ first class, C untuk kelas bisnis/ business class, dan Y untuk kelas ekonomi/economy class.
·         Jenis Tarif/ fare basis berupa suatu kode yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka yang menunjukkan tipe tarif, nilai fare, serta ketentuan dan aturan penggunaannya.
·         Berat Bagasi menunjukkan batasan jumlah barang/ check baggage yang bisa dibawa secara cuma-cuma oleh penumpang. Ketentuan IATA menyatakan kelas F (First class) 40 kg, C (Business class) 30 kg, Y (ekonomy class) 20 kg. Untuk penerbangan dari dan ke Amerika jumlah bagasi ditentukan dengan piece concept yaitu sejumlah 2 pieces bagasi per penumpang.

Di Indonesia hanya Garuda Indonesia yang mempunyai First Class yaitu penerbangan terbarunya ke Jeddah dengan pesawat Boeing 777. Perbedaan setiap kelas dalam pesawat akan terlihat jelas sekali, dimulai dari harganya.
·         Harga Tiket Pesawat. Passenger yang naik Business Class dan First Class hanya melihat jadwal terbaik sedangkan Passenger yang beli tiket ekonomi biasanya melihat harga terbaik (ekonomis) tanpa melihat jadwal keberangkatan atau maskapainya.
·         Check-In di bandara. Bagi Business Class ada counter khusus untuk check-in, lebih lowong, dan tidak seperti kelas ekonomi yang harus mengantri lama.
·         Lounge/ Ruang Tunggu. Business Class dan First Class dapat menunggu di Gold Loungeyang menyediakan fasilitas kursi pijat, makanan, minuman, toilet yang bersih, dll. Tapi jika kelas ekonomi, harus nunggu di depan pintu.
·         Kursi. Jarak antar kursi yang melegakan kaki, kursi yang super empuk dan luas akan dinikmati oleh Business Class dan First Class.
·         Flight Meal (makanan di pesawat). Business Class dan First Class disiapkan taplak meja, gelas kaca, dll. Pelayanan memuaskan.

Sub Class Tiket Pesawat
Sub Classnya
 ada Y, M, L, K, N, Q, B dan V. Harga sub class Y > M > L > K > N > Q > B > V. Jadi, sub class V merupakan TIKET PROMO yang menawarkan tiket dengan harga termurah. Perbedaan sub class tersebut berkaitan dengan masalah fleksibilitas waktu, yaitu fleksibilitas waktu pembatalan dan fleksibilitas refund tiket. Semakin murah harga tiket, fleksibilitasnya semakin terbatas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar